Jalan-jalan gratis yang menyenangkan di hutan kota “Forest Walk Babakan Siliwangi Bandung”

Moment jalan-jalan adalah hal yang paling menarik buat saya. Kadang jalan-jalannya gak perlu ke tempat-tempat yang jauh, rekreasi di kota sendiri juga bisa jadi asik.

Dua minggu yang lalu, saya sempat dapat OFF dari kerjaan kantor, lalu saya putusin untuk refreshing alias musti jalan-jalan. Jalan-jalannya kemana? yang deket aja deh. Pilihan saya jatuh ke FOREST WALK Babakan Siliwangi Bandung.

Pemandangan hutan kota Bandung yang bikin saya lebih jatuh cinta sama kota ini.

Lokasinya benar-benar di tengah kota, beralamat di Jalan Tamansari No.73, Lebak Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat Indonesia, kalau kata orang Bandung mah depan ITB. Tempat ini sudah lama berdiri dan diresmikan oleh Pak walikota pada tanggal 17 Januari 2018, tapi kalian bisa lihat sendiri, tempat ini terjaga kerapihannya, walaupun ada sedikit jalan yang bolong, tapi kebersihannya boleh diacungi jempol. Terbukti selama saya disana banyak sekali petugas kebersihan yang keliling untuk membersihkan track jalan di hutan kota ini. Pemandangan hutan yang hijau dan asri menyambut saya saat tiba di lokasi. Parkirannya cukup luas dan gak panas. Karena konsepnya adalah jalan diatas jembatan alias gak nempel tanah, maka kita betul-betul bisa menikmati suasana asri dengan mengelilingi hutan kota sejauh 2 km-an. Cocok banget buat para runner untuk lari pagi atau lari sore disini.

Buat saya tempat ini cukup spesial. Kenapa? karena sudah hampir 2 tahun tempat ini ada, saya baru kesini dan baru sadar ada hutan sebagus ini di tengah kota yang sibuk kaya Bandung nih sesuatu banget. Rasanya bisa nyatu sama alam, pohon-pohon rindang, dan pancaran sinar matahari dari sela-sela dedaunan itu jadi pengalaman langka kalau kamu tinggal di kota besar.

Sampai di lokasi pk.08.15 pagi, saya langsung naik ke atas jembatan dan menikmati indahnya hutan dari atas. masuknya GRATIS, senang 🙂 . Dan kalau kamu kesana, pasti ada alunan musik-musik kecapi Sunda yang dimainkan beberapa pengamen jalanan yang sangat membuat suasana jalan-jalan makin menyenangkan. Kalau kamu suka foto-foto dan difoto saya, pasti suka. Ada beberapa spot yang menurut saya ini seperti bukan di Bandung. Artinya apa? rekreasi dalam kota juga gak kalah bagusnya.

Hayo, gak berasa kan Bandungnya, seperti dimana gitu…
Ini juga hasil cari-cari spot dan dapat spot kece ini.

Sepanjang jalan, kamu bakal disuguhi pemandangan pohon- pohon asri yang bikin kamu betah jalan-jalan. Jembatan kayu yang memang sengaja dibuat naik turun bisa bikin kamu betul-betul berasa ada di tengah hutan. Kalau naik ke jalan dari sebelah kiri bakalan nanjak terus sampai finish. Tapi kalau dari kanan seperti saya, nanjaknya dikit alias gak bikin ngos-ngosan. Ada banyak penduduk Bandung yang olah raga pagi disana, sekedar jalan kaki atau malah lari pagi. Anak-anak sekolah juga ada yang berkesempatan untuk field trip ke tempat ini, saya rasa bagus juga untuk kenal alam, kenal pohon-pohon dan jenis-jenis tanaman yang ada disana.

Saya sibuk minta difoto disini, karena beberapa spot hutan ini super kece, mau lihat? Ini hasil foto si kesayangan, suami saya yang paling setia dan gak pernah cape foto dari berbagai angle. Enjoy! 😍

Daun yang tekstur dan bentuknya yang variatif bisa kamu temuin disini.



Pemandangannya bikin refresh mata

Ini dia si kesayangan yang selalu nemenin jalan-jalan, thank you @a1179