Diet mengubah kebiasaan gak mudah!

22 April 2021 Keputusan bulat buat saya merubah gaya hidup dan merubah segala kebiasaan yang saya lakukan. Alasannya cuma satu saya mau HIDUP SEHAT! Ada yang satu “aliran” dengan saya? Kalau ada mungkin posting singkat saya ini bisa menjadi inspirasi kalian untuk hidup lebih sehat.

Akhir bulan April 2021 itu saya mulai menyadari kalau ternyata berat badan saya yang tadinya menurut saya masih normal-normal saja menjadi sangat tidak normal. Berat saya 79.85kg saat itu. Sad gak sih ! Saya yang tingginya cuma sebatas 165cm aja, beratnya hampir 80kg. Sama sekali gak bagus! Paling terlihat dari bentuk badan adalah tangan dan paha (kok ya makin gede!), mulai gak punya pinggang dan perut kok tiduran aja gak kempes sama sekali.

Dengan keberanian akhirnya saya mulai menghitung BMI ( Body Mass Index ) saya. Ok saya obesitas!
79.85 / (1.65 x 1.65) = 29.3 (again! ya saya obesitas!!!)

Yang belum tahu cara hitung BMI :
BERAT BADAN / TINGGI BADAN (dalam m) KUADRAT
Hasilnya bisa diukur dengan patokan sebagai berikut :

BMI < 18,5 berarti Anda memiliki berat badan kurang

BMI di kisaran 18,5 – 24,9 berarti berat badan Anda ideal

BMI diantara 25 – 29,9 berarti berat badan Anda termasuk berlebih

BMI > 30 berarti Anda masuk ke dalam kategori obesitas

Saya itu udah lebih dari 29 artinya saya berlebihan banget dan dah nyaris menyentuh obesitas. Kalau mau saya harus mengurangi berat badan sekitar 20kg (artinya berat badan saya harus 60kg)
60 / (1.65 x 1.65) = 22

Tahu donk kalau obesitas artinya banyak resiko yang bakal terjadi sama tubuh, misalnya :
1. jantung
2. stroke
3. diabetes
4. tekanan darah tinggi
5. batu empedu
6. masalah pernapasan
7. kanker
8. osteoarthritis (masalah persendian yang dapat menimbulkan rasa sakit dan kaku)
9. infertilitas (kesuburan)

Dari semua ini yang saya rasakan adalah masalah pernapasan (saya cepet engap). Naik tangga 1 lantai aja udah ngos-ngosan. Dan masalah sendi, kok seperti gak kuat nahan badan sendiri ya.

OK, artinya apa SELAMAT TINGGAL martabak malem-malem, perkedel bondon, burger, french fries, ayam goreng, tepung-tepung, vetsin, keripik, kerupuk, biskuit, indomie, bobba, starbuck ah dan segala makanan endol.

Hal kedua yang saya lakukan adalah searching diet yang bener itu gimana ya? Diet Keto kah? Diet Mayo kah? Ah apalah namanya DIET tetep butuh effort. Bagaimana juga yang namanya diet ya gak enak! TAPIIIIII…. saya menemukan diet yang menurut saya bisa diikutin dan pastinya berhasil buat saya ketika saya buat postingan ini. Bayangkan BB saya yg 80kg itu goes to 69.85kg dalam 2 bulan karena diet yang saya jalani ini tepat !

ini penampakan saya saat super gendut, dan saat ini yang masih ngejalanin diet

Rahasia dietnya apa sampe bisa turun 10kg dalam 2 bulan? Ya, saya gak mau bohong saya ganjel badan saya pake nutrisi, nutrisi yang saya pilih dari Herbalife. Pasti jawabannya : ooooh Herbalife? saya pernah tuh, yoyo… saya pernah tuh gendut lagi,. gak ngefek buat saya….. wkwkwkwkw…jawaban klise… Hey HELOOOO… Herbalife itu bukan obat kurus…. itu Nutrisi bow… saya minum shakenya pagi dan malam buat ganti nutrisi sarapan dan makan malam. Gunanya adalah inget! KASIH NUTRISI ke BADAN bukan bikin kurus. Coba liat deh nutrition fact si shakenya Herbalife! itu isinya protein, karbo, dll, tapi yang penting adalah kita penuh nutrisi baik tapi rendah kalori. Nanti kapan-kapan saya bahas isinya apa.

Pemahamannya gini. Diet itu bukan masalah ngurangin makan saja tapi mengganti makanan kita dengan makanan yang baik buat tubuh dan tetap punya nutrisi yang baik dari apapun yang kita konsumsi setiap hari, dan satu lagi nilai kalorinya rendah.

Nah makanan harian saya selama ini kira-kira gini :
Pagi : saya konsumsi nutrisi dari shake
Tengah hari : saya konsumsi snack (buah, ubi)
Siang : saya makaaaan! tapi saya mengusahakan tidak makan nasi / tepung-tepung dan gorengan, sisanya makan lah yang enak. boleh kasih garam, boleh! gula boleh, dikit aja! kan biasanya misal kita makan jagung rebus kan udah manis. Karbo diganti kentang / ubi. Enak kok! JAMIN!
Sore : saya boleh makan snack lagi (buah, ubi)
Malam : saya konsumsi nutrisi lagi dari shake

kurang lebih meal plan saya kira-kira begini, yang jelas kalau bosen sama menunya ya bisa diganti asal tetap sehat


Sisanya sepanjang hari saya wajib minum yang super banyak! Saya bisa ngabisin galon air minum hanya dalam 4 hari sendirian. Hahahaha… kurang lebih 4 – 5 liter sehari. Pertanyaannya eneq ga? GAK! cobain deh…lemak semua luruh sama pipis atau BAB, semua lancar dan sangat membuat badan lebih seger, kulit juga bagus.

Pada dasarnya yang mau diet musti paham apa saja sih yang dibutuhkan tubuh setiap hari, diet itu gak cuma urusan makan, tapi urusan gerak. Saya olah raga setiap hari. Jadwal saya Senin (cardio), Selasa (yoga), Rabu (cardio), Kamis (cardio + angkat beban), Jumat (cardio), Sabtu (tabata / amra / GGL), Minggu (jalan-jalan pagi) sebagai rest day selama seminggu olah raga. Setiap cardio saya pakai stair climber dan treadmill / sepedaan dan wajib ngurangin minimal 500cal (setara dengan 2 pisang goreng). Nah kebayang kan effortnya?

Susah??? GAK! ASAL NIAT! dan gak tergoda sama makanan dunia luar… wkwkwkwk, tapi inget diet itu juga harus senang, artinya ya harus punya CHEAT DAY! artinya kita boleh makan apa yang kita inginkan per 21 hari / kalau gak kuat ya seminggu 1x, makan 1x yang enak pada hari itu, dan malam kembali seperti diet semula. Enak kan? Irit… jadi gak banyak jajan diluar.

Perubahan yang super kerasa banget buat saya sealin badan enteng, muka tirusan dikit, dan badan kempes adalah saya jadi addict olah raga, sehari gak olah raga gak enak kaya ada yang kurang, kalau saya yoga dulu ada banyak gerakan yang saya gak bisa sekarang gak terlalu harus big effort, udah nyampe gerakannya. Makan yang biasanya tergiur dengan yang “terlalu enak” sekarang asal nyomot 1x trus udah itu cukup mengobati rasa kangen. Saya yang gak doyan buah-buahan jadi sangat suka buah! Buah apa aja pasti dibeli dan dimakan buat snack. Dan yang terakhir saya sudah tidak mengkonsumsi gorengan, tepung dan nasi putih dalam 2 bulan, hasilnya semua lancar, BAB lancar, haid lancar, gula dan kolesterol pun aman, muscle meningkat, dan umur badan saya yang tadinya 52 tahun sudah hampir kembali sesuai umur saya sekarang (dikit lagi!). Doyan minum udah pasti, saya kaya onta! hahaha

Nah, gimana? posting singkat saya ini cukup menginspirasi kalian? Kalau ada yang mau tanya-tanya atau curhat-curhat soal diet, saya siap ngobrol sama kalian. Dengan pemahaman diet yang baik dan benar, hasilnya juga pasti maksimal.

Untuk penutup posting kali ini saya mau kasih lihat achievement saya saat ini :

Ciao! Ayo saya masih punya PR 10kg lagi. Yang mau diet ayo kita berjuang sama-sama.



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s