Edukasi buat kamu yang ingin mengurangi berat badan


Hal pertama yang musti diingat baik-baik adalah Kurangi Kalori Bukan Makanan.

Sebelum panjang lebar soal kurus, kita musti tahu dulu apa sih itu kalori? Secara singkat kalori adalah jumlah energi yang bisa kita dapat dari makanan atau minuman kita.

OK, mau lihat gak sih berapa sih kalori yang biasanya kita makan / minum? Nih cek beberapa di gambar yang saya share ya !

Nah lho, ada angka ajaibnya nih setiap makanan bahkan minuman yang kita konsumsi. Angka ajaib adalah jumlah kalori yang boleh teman-teman masukan kedalam tubuh. Sadar akan angka ajaib ini akan membantu teman-teman dalam proses penurunan berat badan.

Yang harus kita sadari adalah semua makanan dan minuman kita mengandung kalori.

Angka-angka kalori dalam gambar diatas hanya perkiraan, tergantung dari jumlah, jenis bahan yang dipakai. Tapi kurang lebihnya kebayang donk, berapa banyak sih yang kita konsumsi setiap hari? Pada dasarnya makanan cepat saji, permen, manisan atau minuman-minuman seperti bobba, frapuccino, latte, soda, sirup itu juga mmiliki nilai kalori yang besar, maka tidak disarankan buat kamu yang ingin diet.

Oiya, buat yang betul-betul merasa ingin hidup sehat, kurangi juga goreng-gorengan dan tepung-tepungan. Kenapa? Karena minyak mengandung kalori tinggi, dan makanan yang digoreng biasanya menyerap minyak yang banyak padahal kebutuhan kita akan minyak tidak banyak, minyak sebetulnya bisa kita dapat dari jenis lemak yang baik. Tepung-tepungan sudah pasti berkalori besar, bukan cuma roti ya… tapi misalnya cireng, batagor, nugget, crabstick juga sama-sama diolah dnegan tepung. Untuk karbohidrat gimana nih kan kalorinya mayan tuh? karbohidrat sebetulnya penting untuk tubuh, nasi putih (dan nasi yang lain seperti nasi merah, hitam) bisa dipakai dalam pola makan, tapi porsinya terbatas, disarankan 6-8 sendok makan saja, atau bisa diganti dengan umbi-umbian semacam singkong, ubi, kentang, jagung rebus.

Protein gimana? protein harus banget karena bisa jadi sumber energi buat tubuh kita, sumber nutrisi juga. Protein itu disarankan sekitar 150 – 200 gr (seperti ayam, ikan, telor, atau mau di mix juga boleh). Untuk pengolahannya di grilled, baked (panggang) atau kukus. Kalau saya pilih kukus karena cepat dan mudah prosesnya.

Yang menyenangkan adalah air putih, air putih memiliki nol kalori sehingga bisa kita minum dengan banyak. Malah air putih bisa membuat metabolisme kita menjadi baik sehingga membantu pembakaran kalori.

Nah,, catatannya adalah diet itu bukan mengurangi makan kita, tetapi mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh kita. Tubuh kita kurang lebih boleh mengkonsumsi 1200 kalori setiap hari. Dengan jumlah yang cukup ini, tubuh kita gak kehilangan nutrisi dna energi buat bergerak, tapi juga mudah untuk membuat kalorinya berkurang dengan kita beraktifitas apalagi didampingi olah raga dan sekresi yang baik.

Cukup jelas gak ya? Semoga edukasi pertama kali ini cukup membantu pemahaman kita semua ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s