Bukan Diet Tapi Mengubah Pola Hidup

“Sten, apa sih diet-diet? udah aja kurangin makan? beres… nanti juga kurus!”

“Ih begang ih, kurus ih…”

“Sok-sok-an diet nanti juga gendut lagi, kalau gak jaga makan nanti juga gede lagi lah”

“yakin makan gitu gak gendut? nanti juga gendut lagi, kudu rajin olah raga, kalau gak mah gak bisa!”

Pernah gak denger comment gini ketika kalian sedang jalanin proses diet? Saya jamin 100% pernah! Ini yang saya alamin selama 3 bulan kebelakang ini, banyak orang, temen, sahabat yang positif nanya, ada juga yang malah healthy shamming. Hahahaha, saya ketawain aja kalau ada yang gini, tau gak kenapa? Karena mereka gak ngerti apa yang saya jalanin itu BUKAN DIET tapi MENGUBAH POLA HIDUP. Saya bold dan underline ya sekali lagi BUKAN DIET TAPI MENGUBAH POLA HIDUP.

Apa sih bedanya? sama aja kali!

BEDA! mau tau bedanya, nih ada cuplikan yang saya dapet dari IG nya @faatimslim

Nah kenapa saya bilang ini perlu kita ngerti dulu bahwa beresin gaya hidup itu bukan masalah susah, tapi sesuatu yang harus konsisten dan akan menghasilkan hasil jangka panjang, bukan jangka pendek seperti diet-diet biasanya.

Sejak mengubah gaya dan pola hidup, saya jadi banyak belajar apa sih yang dibutuhkan tubuh kita sebetulnya? Topik kali ini saya mau bahas sedikit soal GLIKEMIK INDEX.

Apa sih itu GLIKEMIK INDEX (GI) ? Pengukuran yang dilakukan pada makanan sumber karbohidrat yang berdampak pada peningkatan gula darah setelah dikonsumsi. Skalanya dari angka 1 – 100.

Makanan yang tinggi GI :
– Mudah dicerna dan diserap
– Peningkatan gula darah berlangsung cepat
– Melepaskan energi lebih cepat

Makanan yang rendah GI :
– Lebih lambat dicerna dan diserap
– Peningkatan gula darah berlansung lambat
– Melepas energi lebih lambat

Ada beberapa faktor-faktor yang biasanya mempengaruhi nilai GI suatu makanan :

Faktor yang mempengaruhi nilai GI rendah :
– Protein (susu, daging, kacang-kacangan)
– Serat (sayuran, rumput laut, kacang-kacangan)
– Cuka

Faktor yang mempengaruhi GI tinggi :
– Kematangan dan waktu simpan : kematangan buah dan sayur
– Proses (proses pengolahan makanan juga berpengaruh tingginya GI), misal :
– Jus
– Mashed Potato / frend Fries
– Nasi Putih
– Donat
– Gorengan
– Waktu memasak

Kira-kira kebayang gak sih? ternyata kaalu kita mengkonsumsi makanan dengan GI yang tinggi / rendah tuh ada hasilnya ke badan kita, mau tau? Nih…
Makanan Tinggi GI itu biasanya mengandung karbohidrat olahan (misal ya tadi jus, mashed potato, nasi putih apalagi yang dipanasin terus-terusan) karena kadang kita added gula tambahan juga ke makanan tersebut akhirnya membuat gula darah naik turun, bisa cepat naik dan juga bisa cepat turun, akhirnya kita bisa merasa lapar lebih cepat. Sedangkan untuk makanan dengan GI rendah itu biasanya mengandung karbohidrat kompleks seperti buah, nasi merah, ubi, ini membuat peningkatan gula darah menjadi lebih lambat alhasil kita merasa kenyang lebih lama.

Jelas kan? tubuh kita ini sebetulnya butuhnya apa? gak perlu yang aneh-aneh cukup karbohidrat baik dengan GI rendah, makanya kenapa saya mengganti nasi putih jadi ubi, bukan sok-sokan gak makan nasi, tapi mencoba mengganti, tapi saya masih suka nyomot nasi putih kok, tapi gak tiap hari saya makan nasi, jadi kadar gula dalam darah gak jadi ngaco, tetap kejaga, hasilnya walaupun cuma dikasih ubi saya tetep kenyang, gak ngemil, jadinya gak gendut.

Supaya lebih jelas lagi nih, saya coba kasih contoh tabel glikemik index nya ya, biar kita sama-sama jelas karbo baik buat badan yang mana.

Cukup jelas gak? Jadi kalau yang tanya Stenny kok makanannya gak makan nasi, gak makan tepung, gak makan gorengan, ini alasannya. bukan karena asal mengganti saja, tapi saya lagi mengontrol gula darah dengan konsumsi yang memang dibutuhkan tubuh, gak berlebihan sehingga makan juga bisa kekontrol dengan baik.

Semoga informasi ini jelas dan bisa diterapkan buat yang ingin punya badan lebih sehat bonusnya kurus šŸ™‚ Ciao!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s