Minum 5 liter sehari? Gak salah!

Saya jamin banyak yang protes, gak kebanyakan tuh minum air putih sebanyak itu?

“Gila, itu onta ya? minum air putih sebanyak itu gak kembung?”

“aku mah 2 liter aja udah bagus! aku mah 2 liter aja ah cukup!”

“gak eneq apa ya minum segitu banyak?”

Hal biasa yang saya denger setiap kali saya bilang saya minum ampir 5 liter sehari. Hahahaha, tau gak sih air putih itu bagus banget? Yuk mau tau gak kenapa saya bilang bagus banget. Nih….

Saya kutip sedikit dari Alodokter ada 10 manfaat minum air putih untuk tubuh :
1. Mencegah dehidrasi
2. Menjaga kesehatan sendi dan otot
3. Memelihara kesehatan kulit – Mengkonsumsi air putih membuat kulit bebas dari noda, lebih lembab, kenyal, dan lebih bercahaya
4. Menjaga konsentrasi – Kandungan kalium dalam air putih mengaktifkan elektrolit yang ada di otak, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi
5. Menjaga kesehatan pencernaan – Air putih dapat melancarkan pencernaan dan meringankan masalah seperti kembung dan sembelit
6. Mencegah batu ginjal
7. Menjaga tekanan darah – Air putih dapat membantu seseorang yang memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi
8. Mencegah Penyakit Kardiovaskular – Mengkonsumsi air putih secara rutin dapat membantu membuka jalur yang tersumbat dalam peredaran darah
9. Meningkatkan Stamina
10. Menurunkan berat badan – Mengkonsumsi air putih membantu pemecahan lemak hingga membakar beberapa ekstra lapisan lemak dalam tubuh

Nah segini banyak manfaatnya si air putih. Cuma pertanyaannya tetap sama apa bisa saya konsumsi air putih sebanyak lebih dari 4 liter yang katanya 2 liter sehari aja cukup? ini penjelasannya :
Karena tubuh kita itu membutuhkan air putih sebanyak 50ml / kg / hari.
Jadi kalau saya 68kg x 50 ml = 3440 ml alias 3.4liter per hari kebutuhannya.
Hayo yang beratnya 80kg, kamu harus konsumsi 4 liter tuh sehari.

Nah, kalau kita konsumsi dalam satu hari perlahan tapi pasti, bisa kok nyampe sampai sesuai jumlah yang dibutuhkan tubuh kita masing-maisng, dan kalian bisa cek apakah dengan konsumsi air tersebut badan kita baik atau tidak. Caranya gimana? Cek urine kalian.

nih salah satu kutipan cara baca urine yang tepat

Kalau badan kita terhidrasi dengan baik, maka urine kita juga berwarna kuning pusat ke bening, tapi kalau sudah mulai kuning tua ke coklat, harus waspada.

Ada pepatah yang mengatakan :
“the more you drink, the less you eat”
“the less you drink, the more you eat”
“the more you drink, the faster you shrink”

Ini bener banget! tubuh kita ini 70%-nya air, makanya air itu penting banget buat tubuh kita, air itu salah satu elemen penting kedua setelah oksigen buat tubuh manusia, makanya dengan konsumsi air yang cukup atau lebih bisa membantu metabolisme tubuh dan sel-sel beregenerasi serta memelihara sel-sel rusak serta bisa melindungi ordan tubuh. Jadi air itu bisa bikin kita kenyang, karena badan kita banyak air, dan semakin kita banyak konsumsi air, kita juga bisa akan menyusut lebih cepat karena air meregenerasi dan memelihara sel-ssel tubuh kita dengan baik.

Air sebetulnya bisa didapat dari segala bentuk makanan / minuman as long as ada airnya seperti buah, atau minuman seperti teh, kopi, dll. Tapi buat saya air putih itu jauh lebih bagus, dan manfaatnya jelas. Saya merasa kulit lebih gak gampang kering dan berkerut, walapun repot bolak balik ke WC untuk pipis, tapi kan mengeluarkan urine juga artinya meluruhkan lemak yang ada di tubuh, bagus donk! dan guess what air putih itu 0 (zero) kalori, So consume semaksimal kamu bisa, dan efeknya bakal tetap bagus dan bermanfaat buat tubuh. Ayo minum!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s